Semeru, siapa yang tidak kenal nama ini? sebuah gunung berapi eksotis yang terkenal seantero dunia sebagai tempat dengan titik tertinggi di pulau Jawa. Dengan ketinggian mencapai 3.676 meter diatas permukaan laut, gunung ini menempati posisi ke 7 sebagai gunung tertinggi di Indonesia setelah Puncak Jaya (4.884 meter dpl), Puncak Mandala (4.760 meter dpl), Puncak Trikora (4.750 meter), Ngga Pilimsit / Mount Idenberg (4.717 meter dpl), Gunung Kerinci (3.805 meter dpl) dan Gunung Rinjani (3.726 meter dpl).

 

Nama Semeru tidak bisa dilepaskan dengan film 5 cm, Soe Hok Gie dan image bahwa gunung ini adalah gunung tertinggi di pulau Jawa. Jika anda pernah sekolah atau kuliah di Malang, maka letusan gunung Semeru adalah hal wajib yang anda lihat tiap pagi. Dan yang paling gokil adalah ketika abu letusan Semeru membuat sadel motor anda menjadi kotor. What a beautiful experience. 

Cerita-cerita sukses pendakian ke Semeru sudah banyak sekali di dunia maya. Cerita gagal? Saya belum pernah menemuinya. Kali ini saya kan sedikit berbagi pengalaman tentang pendakian ke puncak Semeru, dimulai dari cara mencapai Semeru serta tips dan trick yang mungkin akan membantu. Mudah-mudahan tidak ada lagi kejadian fatality (tragis) karena kurang informasi dan kurangnya persiapan mendaki Semeru. Satu kata yang pernah dikatakan seorang mentor senior pada suatu forum; "Sebanyak apapun pengalaman kalian mendaki gunung, jangan pernah meremehkan-nya, karena Ia memiliki cara tersendiri untuk menunjukkan kekuasaannya"

 

Anak-anak Mandeh - Sumatera Barat

Iya betul, sekarang Setan ada di Surga. Setan adalah nama sebuah pulau nan eksotis di kabupaten Pesisir Selatan dan kawasan surga itu bernama Mandeh yang berjarak sekitar 90 menit di sebelah selatan kota Padang - Sumatera Barat. 

 

Pulau setan ada tiga; Pulau Setan Gadang, pulau Setan Ketek dan pulau Setan (saja). Pulau ini sangat mudah dijangkau, cukup naik boat selama 15 menit dari pelabuhan terdekat yang bernama TPI Cocok Tarusan. 

 

Mandeh merupakan sebuah kawasan wisata yang dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS), bersama dengan Bunaken di Manado dan Biak di Papua, ditetapkan sebagai Pusat Pengembangan Wisata Bahari masing-masing untuk wilayah Indonesa bagian Barat, Tengah dan Timur. Juga merupakan gugusan puluhan pulau yang membentang seluas 18 ribu hektare di Teluk Carocok, Pesisir Selatan, ditunjang dengan topografis yang landai dan kekayaan biota laut yang cantik. Air laut di kawasan laut ini tak berombak jadi sangat ideal untuk kegiatan keluarga.

 

Kawah Ijen sebuah tempat yang eksotis yang tidak pernah berhenti dikagumi oleh para pengagumnya. Beragam cerita yang muncul dari tempat ini;  mulai dari cerita tentang indahnya panorama tempat ini, kemudian tentang kehidupan para penambang belerang yang perkasa membawa hingga 70 kg belerang dari kawah menuju puncak kemudian kembali menuruni gunung. Adapula kisah tentang analisis akibat jika kawah Ijen jebol dan akan timbul banjir kiriman ke desa-desa di hilirnya. Mari kita kupas satu per satu tentang cerita dari kawah Ijen.

 

Indahnya Panorama dari Kawah Ijen

Tidak usah diragukan lagi tentang keindahan panorama kawah Ijen; seluruh dunia sudah tahu dan sering melihat keindahan tempat ini. Jika diulas sedikit detailnya; kawasan Wisata Kawah Ijen masuk dalam wilayah Cagar Alam Taman Wisata Ijen dengan luas 2.560 hektare, termasuk hutan wisata seluas 92 hektare. Kawah Ijen ini terletak di puncak gunung Ijen di wilayah Kecamatan Licin, Kabupaten Banyuwangi dan Kecamatan Mobang, Kabupaten Bondowoso. Kawah Ijen berada di ketinggian 2.368 meter di atas permukaan laut. Yang menarik adalah kawah ini terletak di tengah kaldera yang terluas di Pulau Jawa. Ukuran kaldera sekitar 20 kilometer. Ukuran kawahnya sendiri sekitar 960 meter x 600 meter dengan kedalaman 200 meter. Kawah ini terletak di kedalaman lebih dari 300 meter di bawah dinding kaldera. 

Setelah Kabupaten Sidrap, sebuah tempat yang selalu membuat saya terpesona, Sulawesi tidak pernah kehabisan pesonanya. Keindahan pesisir yang mengelilinginya bak cincin permata. Setiap jengkal pesisirnya memiliki keunikan dan keindahan yang selalu menarik untuk ditelisik. Trigana Air berkomitmen untuk membantu Anda menjelajahi seluruh pelosok Sulawesi untuk menikmati keindahan alamnya. Sebagai maskapai yang berpengalaman, kenyamanan dan kepuasan Anda adalah prioritas kami.

 

Anda bisa memulai perjalanan dari Sulawesi Selatan. Banyak objek wisata yang menarik di daerah ini. Trigana Air menyediakan banyak perjalanan dari  dan ke seluruh penjuru Nusantara.Pertama-tama, Anda dapat mengunjungi Pantai Losari di kota Makassar. Letaknya tidak jauh dari bandara Sultan Hasanuddin Makassar. Meskipun tidak berpasir, pantai Losari memiliki pesona tersendiri. Anda bisa menghabiskan waktu sore bersama orang-orang tercinta di tempat paling ikonik di kota ini. Tersedia banyak kedai kopi dan makanan khas kota Makassar.

 

Kemudian, anda dapat meneruskan liburan ke Taman Laut Taka Bonerete, Kepulauan Selayar. Keindahan taman laut ini telah menarik hati para penyelam dari seluruh dunia. Pemandangan bawah laut yang fantastis juga memukau para penghobi snorkeling. Anda tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk menikmati Taka Bonereto, karena objek wisata ini sangat terjangkau.

Lanjutkan perjalanan Anda menuju Taman Nasional Bantimurung. Taman ini terletak di Kabupaten Maros, kurang lebih 45 kilometer dari kota Makassar. Ada lebih dari 250 spesies kupu-kupu yang dilestarikan oleh Taman Nasional Bantimurung. Tak pelak, taman ini dijuluki sebagai  kerajaan kupu-kupu. Anda akan menikmati keindahan alam yang dipadu dengan panorama warna-warni kupu-kupu yang beterbangan. Tentu saja hal ini akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

 

Subcategories