Iya betul, sekarang Setan ada di Surga. Setan adalah nama sebuah pulau nan eksotis di kabupaten Pesisir Selatan dan kawasan surga itu bernama Mandeh yang berjarak sekitar 90 menit di sebelah selatan kota Padang - Sumatera Barat. 

 

Pulau setan ada tiga; Pulau Setan Gadang, pulau Setan Ketek dan pulau Setan (saja). Pulau ini sangat mudah dijangkau, cukup naik boat selama 15 menit dari pelabuhan terdekat yang bernama TPI Cocok Tarusan. 

 

Mandeh merupakan sebuah kawasan wisata yang dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional (RIPPNAS), bersama dengan Bunaken di Manado dan Biak di Papua, ditetapkan sebagai Pusat Pengembangan Wisata Bahari masing-masing untuk wilayah Indonesa bagian Barat, Tengah dan Timur. Juga merupakan gugusan puluhan pulau yang membentang seluas 18 ribu hektare di Teluk Carocok, Pesisir Selatan, ditunjang dengan topografis yang landai dan kekayaan biota laut yang cantik. Air laut di kawasan laut ini tak berombak jadi sangat ideal untuk kegiatan keluarga.

 

 

Penampakan pulau Setan di Surga Mandeh

 

Pengembangan kawasan ini diprioritaskan untuk wisata bahari dengan keindahan daerah perbukitan, serta pantai , dan pulau-pulau kecil dengan kekayaan laut dan terumbu karangnya yang masih lestari. Kawasan ini sesuai Peta dari Jaringan Tpogografi AD skala 1:50.000, berada pada garis bujur 100' 19'30' sampai 100' 26' 30' dan garis lintang -1'8'31' sampai -1 16' 43' yang merupakan perpaduan wilayah darat, pantai, teluk dan laut, serta pulau-pulau kecil seperti Cubadak yang telah dikembangkan menjadi resort pariwisata bahari dengan pasar eropa, australia, dan amerika.

 

Kapal Cepat "Baracuda" sedang berlabuh di sekitar pulau Setan 

Sementara itu, beberapa pulau lain dalam kawasan ini seperti Baintangor, Marak, Cingkuak dan Sirandah yang tidak kalah cantiknya dibandingkan Pulau Cubadak, juga menunggu pengembangan yang beminat. Kawasan Mandeh di Teluk Carocok Tarusan ini memberikan pesona keindahan yang sempurna sehingga diberikan julukan sebagai ' The Paradise of the South '. Pesona Kawasan mandeh yang dikeklilingi perbukitan yang hijau dan tepan pasir putih pantai yang landai serta airnya yang jernih, memberikan rasa nyaman bagi pengunjung. Beberapa jalur transportasi dapat ditempuh menuju kawasan ini, antara lain dari pasar Tarusan, Sungai Tawar untuk jalur darat, atau pun menggunakan transportasi dapat ditempuh menuju kawasan ini, antara lain dari Pasar Tarusan, Sungai Tawar untuk jalur darat, ataupun menggunakan tarsnportasi laut dari pelabuhan-pelabuhan Teluk Bayur, Muara dan Bungus di kota Padang, menuju desa-desa Sungai pinang, Sungai Nyalo, dan Mandeh, maupun Carocok Tarusan.

 

Penampakan pulau Setan dari Udara

 

Didalam kawasan ini telah dibangun jalan sepanjang 33 Km yang menghubungkan desa-desa Carocok Mandeh, Sungai Nyalo, dan Sungai Pinang, yang melewati perbukitan dan bibir pantai yang berpasir putih. Kawasan yang telah ditetapkan sebagai daerah pengembangan pariwisata baik oleh Pemerintah Kab.Pesisir Selatan dan Prop.Sumbar, maupun Pemerintah Pusat ini, sangat mendambakan pengembangan oleh para investor untuk membangun berbagai fasilitas yang mendukung kegiatan-kegiatan kepariwisataan bahari.

 

 

Anak-anak Mandeh di sekitar pelabuhan TPI (Pelabuhan menuju ke pulau Setan) 

 

Saat ini Mandeh memang belum se-terkenal Raja Ampat, namun pemerintah telah mencanangkan kawasan ini dengan serius. Saya ingat sekali kata-kata pak menteri Andrinov Chaniago - bahwa tidak sulit untuk membangun jembatan, membangun pelabuhan atau hotel di Mandeh. Yang sulit adalah membangun masyarakatnya agar mau bahu membahu mengembangkan wisata ini agar menjadi usaha yang berkelanjutan.

 

Simak juga video liputannya disini.

 

 

 

 

 

 

 

Comments  

+1 # Iqbal Kautsar 2016-03-18 23:24
Setan keren banget.. :P
Reply | Reply with quote | Quote
0 # muhammad habibi 2016-09-20 15:26
namanya cukup aneh ya, namanya saja sudah memebri kesan horor. Ternyata kenyataannya sebaliknya. Surga bagi para traveler.
Reply | Reply with quote | Quote

Add comment


Security code
Refresh