Salam petualang untuk sahabat-sahabat pendaki Indonesia,

Sebelumnya saya perkenalkan diri dulu; nama saya Putu Adi. Saya bukan siapa-siapa, hanya debu semesta yang hobi motret , mendaki dan membuat video sekaligus pemilik, pengelola dan kontributor tunggal untuk website www.fotosintesa.com.

Beberapa contoh video yang sudah saya buat bisa dilihat di bawah ini. Atau kunjungi channel saya langsung disini http://www.youtube.com/c/iputuid/videos

 

 

 

 

 

Selayang Pandang

Beberapa orang bijak mengatakan bahwa “Jangan tanya apa yang republik ini berikan padamu – tapi tanyakan apa yang sudah kamu berikan ke republik ini”. Nah, saya ingin memberikan sebuah persembahan untuk republik ini yaitu berupa video timelapse dari 72 puncak gunung di Indonesia. Kenapa angka 72? Karena rencananya video ini akan Go Live pada tanggal 17 Agustus 2017 – tepat di perayaan ulang tahun RI ke 72.

Judul videonya adalah “Timelapse Video from 72 Mountain Peak of Indonesia”. Kenapa dalam Bahasa Inggris? Karena ini akan menjadi moto saya yaitu “Tunjukan pada Dunia Betapa Indahnya Indonesia”.

Apa itu Video Timelapse?

Video timelapse adalah video yang dibuat dari kumpulan ratusan hingga ribuan foto dan digabung menjadi video yang seolah-olah dipercepat dari situasi aslinya. Contoh ada di link yang saya berikan diatas.

 

Bagaimana cara membuat video timelapse?

Video timelapse dibuat dengan beberapa step sebagai berikut;

  1. Persiapan dan perencanaan
  2. Pengambilan gambar
  3. Pengolahan di computer/perangkat digital.

Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat Video Timelapse?

  1. Kamera dengan fungsi intervalometer seperti Gopro atau Xiaomi. Bisa juga menggunakan kamera DSLR, tapi sayang kameranya karena DSLR ada komponen yang bergerak terus-menerus selama proses pengambilan gambar. Saya sudah korban 1 buah Nikon D7000 saat mengambil video timelapse di Bromo.
  2. Tripod – ini peralatan wajib. Karena kamera tidak boleh bergerak selama proses pengambilan gambar.
  3. Memory – ini standard untuk menyimpan hasil jepret.
  4. Komputer/digital data processor (HP, Tablet) – untuk pengolahan atau post processing.

 

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mengambil 1 adegan?

Satu adegan timelapse (istilahnya footages) memerlukan sekitar 400-500 foto dengan interval 5 detik. Jadi satu adegan memerlukan waktu sekitar 2.500 detik atau  sekitar 42 menit.
JIka sudah diolah 500 foto tadi akan menjadi sebuah adegan/footages dengan durasi 17 detik (jika diputar dengan speed 30 frame per second – fps). Hal ini tidak berlaku untuk pengambilan gambar di malam hari.

 

Bantuan apa yang saya butuhkan untuk menyelesaikan project ini?

Untuk menyelesaikan project ini saya hanya butuh bantuan pengambilan gambar di setiap puncak gunung di Indonesia. Saya akan mengolah sendiri hasil jepretannya hingga menjadi sebuah adegan/footages timelapse.

Kenapa kok gak dikerjakan sendiri?

Terus terang saya punya keterbatasan waktu, dana dan tenaga untuk mendaki 72 gunung. Dengan kerjasama dari rekan-rekan pendaki tentunya proyek ini akan selesai lebih cepat dan lebih murah dibandingkan saya kerjakan sendiri.

Siapa saja yang boleh ikut berkontribusi untuk pengambilan gambar timelapse?

Seluruh warga negara Indonesia tanpa memandang suku, agama, ras apalagi tingkat kegantengan..

Asalkan punya Gopro atau Xiaomi Yi dan tripod – bisa ikut berkontribusi.

 

Ada kompensasi gak?

Tentunya ada. Untuk setiap footages yang sukses dan memenuhi standar kualitas minimal akan saya bayar Rp. 25.000.

Jika ada 4 footages/adegan yang memenuhi standard kualitas minimal ya saya bayar Rp. 100.000

Mohon jangan disalah artikan, ini kompensasi hanya untuk mengganti biaya operasional – karena filenya perlu dikirim lagi (pakai CD atau upload di dropbox) dan ini perlu cost. Sekali lagi semangatnya; ini adalah hadiah ulang tahun untuk Indonesia.

Total footages yang akan saya pakai adalah 72 footages – jadi saya sudah menyiapkan sekitar Rp. 3.800.000 dari kocek pribadi untuk project ini. Plus biaya pengiriman khusus yang tidak punya akses internet untuk pengiriman file.

 

Apa itu standard kualitas minimal?

Video timelapse memerlukan sesuatu object yang bergerak perlahan. Contoh yang paling konkrit adalah awan di bawah horizon yang bergerak. Contoh foto sebagaimana dibawah.

Kualitas minimal artinya; kameranya tidak goyang – kemudian angle-nya pas dan exposurenya tepat.

Object-object timelapse yang menarik sebagai berikut;

  1. Awan yang bergerak dibawah horizon (atau di kaki gunung)
  2. Sunrise. 30 menit sebelum hingga 30 menit sesudah sunrise
  3. Star trail, tapi ini membutuhkan skill fotografi khusus. 

 

Bagaimana Teknis Pengiriman Filenya?

Hasil foto dari timelapse capture biasanya 400-500 foto yang total size-nya mencapai 2 GB. Pengiriman bisa dilakukan via dropbox atau bisa juga kirim via DVD (saya akan tanggung biaya pengirimannya – diluar dari kompensasi Rp. 25.000 diatas).

 

Copyright / Hak Cipta  

Sesuai dengan “best practice” dari dunia fotografi bahwa pemilik foto adalah yang memencet tombol shutter. Jadi semua foto adalah milik dari masing-masing kontributor. Jika ternyata ada pihak yang berencana melakukan pembelian terhadap foto maupun footage. Saya akan pastikan pemilik foto akan diberitahu tentang hal ini dan dibicarakan terpisah case per case.

 

Timbal balik

Semua kontributor akan ditayangkan di video dalam di bagian akhir dari video.

 

Gunung mana saja yang perlu di timelapse?

Semua gunung di Indonesia yang namanya dimulai dengan gunung. Misalnya gunung Bromo, gunung Semeru, gunung Rinjani, gunung Agung dan sebagainya?

 

Apakah bukit boleh di timelapse?

Jika dari bukit tersebut ada awan bergerak dibawah ketinggian kamera, jadi dipersilakan untuk di timelapse. Contohnya bukit Lolai di Toraja. Bukit Wawomeusa di Luwu Timur dan sebagainya.

Pertanyaan

Jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa message di FB saya www.facebook.com/fotosintesa atau email di This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.  atau WA di 081355579479

List Gunung yang di target akan ditempatkan dibawah ini.

1. Gunung Bromo - done

2. Gunung Rinjani - done

3. Gunung Agung

4. Gunung Ijen - done

5. Gunung Raung

6.

7. 

8. dst

Jika rekan-rekan sudah siap dan untuk memudahkan komunikasi mohon untuk registrasi di form ini.

http://goo.gl/forms/AmdANN4LB4rJvXU82 

 

 

Mari tunjukan pada dunia, Indahnya Indonesia

...

...

...